Jumat, 25 September 2015

Alzheimer yang bikin LUKITA (Lupa Kelakuan Kita)

Dementia Alzheimer !

Alzheimer adalah merupakan bentuk kepikunan akibat degenerasi primer otak yang dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk berpikir, daya ingat, dan fungsi bahasa.
Penemu penyakit  ini adalah dr. Aloysius (Alois) Alzheimer, seorang psikolog yang pernah menerbitkan kasus pertamanya demensia presenile.

Bulan September dikenal sebagai bulan Dementia Alzheimer di dunia. Bahkan banyak negara yang mendukung campaign di negara masing masing. Negara Indonesia pun tidak ketinggalan, di tahun 2015 ini Monas sebagai simbol indonesia pun, menjadi berwarna ungu di sepanjang bulan September.
(Source : monas ungu )

Penyakit Alzheimer termasuk dalam penyakit mematikan nomor 4 besar di dunia, yang hingga kini belum ada obatnya. Tapi banyak cara untuk mencegahnya lebih parah. Perlu diketahui bahwa Alzheimer saat ini tidak hanya menyerang lanjut usia. Pemuda pun bisa kena Alzheimer. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Alzheimer :
1. Konsumsi fastfood maksimal 1x dalam 1 bulan.
2. Minum air putih 8 gelas atau setara 2 liter sehari.
3. Olahraga rutin
4. Pilih tangga daripada elevator/lift
5. Minuman manis maksimal 2x sehari
6. Pilih dark chocolate bukan coklat biasa
7. Makan sate tanpa lemak
8. Makan makanan tinggi serat ( sayur buah)
9. Membiasakan menulis untuk mengingat sesuatu.
10. Jangan lupa bahagia. Imbangi kerja dan hiburan.

                                       Perbanyak melakukan aktivitas olahraga

                          Pilih Sayuran atau buah untuk disantap, jangan hanya daging

                                Pilih tangga untuk menuju ke atas, daripada eskalator

Berita baik lainnya, selain bisa melakukan pencegahan alzheimer, dalam sebuah artikel, ada seorang pemuda menemukan alat pendeteksi penyakit Alzheimer. Krtin Nithiyanandam, seorang penemu alat pendeteksi penyakit alzheimer yang juga seorang tunaungu.

Penyakit Alzheimer membunuh lebih banyak orang setiap tahun daripada kanker payudara dan kanker prostat, dan Alzheimer juga dianggap sebagai salah satu tantangan medis terbesar di abad ke-21. Semoga saja alat ini bisa dimanfaatkan oleh semua umat manusia.
(Source: deteksi alzheimer )

Itulah sekilas tentang Alzheimer. Nah, saatnya sekarang kita bertindak! Lakukan hidup sehat, ingatkan orang terdekat kita, dan yang pasti JANGAN MAKLUM DENGAN PIKUN. 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar